PEMKAB SERANG DORONG UMKM MEMASARKAN PRODUKNYA SECARA ONLINE

Ditulis pada Kamis, 07 Nov 2019 oleh: admin

JAKARTA, 6 NOVEMBER 2019

Menindaklanjuti kerjasama dengan Bukalapak dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Serang, Pemerintah Kabupaten Serang  melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan melakukan kunjungan ke kantor pusat Bukalapak.

Rombongan dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas H. Abdul Wahid, SH, M.Si, Kepala Bidang Perdagangan, Tohiri, M.Si, dan jajaran. Dari Bukalapak diterima oleh Senior Public Policy & Government Qaedi Aqsa.

Menurut Aqsa saat ini bukalapak memiliki  4 juta pelapak dan lebih dari 500 ribu mitra dan warung. Karyawan Bukalapak juga sudah mencapai 2.500 orang.  dari pelapak yang ada di Bukalapak baru 10 % yang diisi oleh UMKM. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Bukalapak, karena salah satu target Bukalapak adalah memajukan UMKM di Indonesia. Untuk itu kami berpikir bagaimana menyederhanakan teknologi bagi semua orang. Bukalapak mempunyai misi bagaimana semua kalangan bisa mengakses teknologi.

Bukalapak saat ini sudah bekerjasama dengan sejumlah Pemerintah Daerah dengan membuat laman khusus bagi pelapak UMKM. Melalui kolaborasi ini Bukalapak juga memberikan pelatihan bagi UMKM. Tujuannya ingin memberikan edukasi kepada para UMKM . Bukalapak akan memfasilitasi para pelaku usaha dengan mengadakan berbagai kegiatan untuk menambah kapasitas penjual dalam mengoptimalkan pemasaran. Ia juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan kepada UMKM.

“Kami menyadari apabila hanya membuat pelatihan –pelatihan singkat tidak akan membekas. Untuk itu haru ada pendampingan penuh untuk training UMKM  bekerjasama pemerintah daerah,” katanya.

Untuk bisa masuk ke Bukalapak UMKM harus memenuhi persyaratan terkait ijin PIRT, halal, dan lainnya. Maka dari itu harus ada pendampingan penuh dari Pemerintah Daerah. “Saat ini kita sudah  bekerjasama dengan Pemerintah Daerah di Jawa Timur untuk pendampingan UMKM. Dengan membuat halam khusus yang terlink di Bukalapak. Ini bisa dicoba di Kabupaten Serang untuk mempunyai web khusus bagi UMKM yang terakses di Bukalapak,”lanjut aksa.

Selain itu Bukalapak juga mempunyai program Warung Mitra Bukalapak. Bagaimana para UMKM yang berjualan di warungan lingkungan rumah kita bisa naik kelas. Bukan hanya menjual kebutuhan sembako sehari-hari, namun juga untuk produk virtual seperti membayar listrik, membeli token listrik, pulsa, BPJS.   

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang, H. Abdul Wahid, SH, M.SI mengatakan dari hasil kunjungan ini akan ditindaklanjuti dengan mengintegrasikan web khusus bagi UMKM yang sudah dimiliki Kabupaten Serang. “Kita sudah memiliki Gerai Due Kite Online, ada juga TradeZone yang isinya menampilkan produk-produk UMKM. Ini yang akan kita jajaki kerjasama dengan Bukalapak. Apabila sudah terintegrasi mudah-mudahan produk UMKM di Kabupaten Serang akan lebih dikenal, dan penjualan juga meningkat,” katanya. (IDAM)

Komentar: 0 Bagikan: Share on Google+ Cetak: Kategori: Berita Daerah

MEMPERSIAPKAN ASN DI ERA INDUSTRI 4.0, PEGAWAI DINAS KOPERINDAG IKUTI BIMTEK PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS IOT

BOGOR, SENIN (18/11/2019),- Sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkung

PRODUK UMKM/IKM SERANG DIPAMERKAN DALAM PAMERAN BALI TOURISM, CRAFT AND INVESTMENT EXPO 2019

DENPASAR, Kamis (14/11/2019) Sejumlah produk UMKM dan IKM Kabupaten Serang ikut

DONGKRAK RETRIBUSI, DINAS KOPERINDAG BELAJAR PENGELOLAAN PASAR

BALI, KAMIS (14/11/2019) Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)


Tinggalkan Komentar


Layanan Informasi

Buku Tamu

Poling

Tidak ada poling untuk saat ini.

Statistik Pengunjung

  • 112886 Total Pengunjung
  • 18866 Unique Visitors
  • 121 Jumlah konten
  • 3.235.107.209 IP Anda
  • 02:10, 11/08/2020 Mengakses Sejak