DONGKRAK RETRIBUSI, DINAS KOPERINDAG BELAJAR PENGELOLAAN PASAR

Ditulis pada Kamis, 14 Nov 2019 oleh: admin

BALI, KAMIS (14/11/2019)

Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pasar dan tata kelola pasar rakyat yang modern, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang belajar pengelolaan pasar ke Pasar Badung  Kota Denpasar Provinsi Bali, Kamis Tanggal 14 November 2019.

Rombongan dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang dipimpin oleh Kepala Bidang Perdagangan Tohiri, SH, M.Si, dan didampingi Kepala Seksi Sapras Perdagangan Titi Purwitasari, SE, M.Si, Hj, Cicin Rodiah, Eki,dll. Sedangkan dari Kota Denpasar diterima oleh Direktur Utama PD Pasar Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wairanata, Kepala Pasar Badung I Gusti Made Estuasa, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Denpasar Ida Bagus Yoga Endharta.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas KOPERINDAG Tohiri menjelaskan maksud dari kedatangan ke Pasar badung dalam rangka belajar mengenai pengelolaan pasar rakyat secara modern sehingga pembeli mau datang dan nyaman belanja ke pasar dan retribusi pasar bisa dihasilkan secara maksimal. Selain itu untuk mekanisme pembangunan pasar apakah seluruhnya menggunakan dana dari pusat atau daerah. “Dan satu hal lagi kabarnya Pasar badung pernah mengalami kebakaran hebat. Kami ingin tahu apakah pasca kebakaran langsung diadakan pembangunan atau bagaimana. Mekanismenya seperti apa,” kata Tohiri.

Tohiri menambahkan saat ini dari 13 Pasar rakyat yang dimiliki Kabupaten Serang, 10 diantaranya sudah direvitalisasi. Kemudian 1 pasar yakni Pasar Baros belum lama ini mengalami musibah kebakaran.

Direktur Utama PD Pasar Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wairanata mengatakan untuk meningkatkan retribusi pasar salah satu yang dilakukan adalah tidak menggunakan pembayaran secara cash lagi, namun secara online melalui mesin edisi. Para petugas akan berkeliling ke pedagang untuk melakukan transaksi secara online “Selain untuk mencegah kebocoran juga traksaksi keuangan bisa dilakukan cepat, uang tidak lagi dipegang oleh kolektor,” katanya. Retribusi yang dikelola oleh pasar antara lain adalah retribusi kios/los/pelataran secara harian, retribusi kebersihan, sewa bulanan dan retribusi parkir di pelataran.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Denpasar Ida Bagus Yoga Endharta menambahkan karena sudah menjadi Perusahaan Daerah, maka pengelolaan pasar menjadi tanggungjawab sepenuhnya PD. Fungsi dinas hanya melakukan pembinaan dan pengawasan. Ia mengatakan Pasar Badung dibangun menggunanakan Dana Tugas Pembantuan dari Kementerian Perdagangan dibantu dengan APBD Dari Kota Denpasar. Konsep Pasar Badung adalah Pasar Rakyat yang ikonik dan mengusung konsep modern. Pasar dibangun 5 lantai dengan fasilitasi escalator dan lift.

Ida Bagus Yoga menambahkah kalau Pasar Badung pernah mengalami musibah kebakaran hebat sehingga menghanguskan hampir seluruh fasilitas pasar. Setelah kebakaran pasar dibangun menggunakan Dana Tugas Pembantuan dari Kementerian Perdagangan dibantu dengan APBD Kota Denpasar. (IDAM)

Komentar: 0 Bagikan: Share on Google+ Cetak: Kategori: Berita Daerah

MEMPERSIAPKAN ASN DI ERA INDUSTRI 4.0, PEGAWAI DINAS KOPERINDAG IKUTI BIMTEK PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS IOT

BOGOR, SENIN (18/11/2019),- Sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkung

PRODUK UMKM/IKM SERANG DIPAMERKAN DALAM PAMERAN BALI TOURISM, CRAFT AND INVESTMENT EXPO 2019

DENPASAR, Kamis (14/11/2019) Sejumlah produk UMKM dan IKM Kabupaten Serang ikut

DONGKRAK RETRIBUSI, DINAS KOPERINDAG BELAJAR PENGELOLAAN PASAR

BALI, KAMIS (14/11/2019) Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)


Tinggalkan Komentar


Layanan Informasi

Buku Tamu

Poling

Tidak ada poling untuk saat ini.

Statistik Pengunjung

  • 112906 Total Pengunjung
  • 18866 Unique Visitors
  • 121 Jumlah konten
  • 3.235.107.209 IP Anda
  • 02:53, 11/08/2020 Mengakses Sejak