DISPLAY PROMOSI GERABAH BUMI JAYA HADIR DI BANDARA SOETTA

Ditulis pada Senin, 16 Des 2019 oleh: admin

GERABAH BUMI JAYA yang berasal dari  Desa Bumi Jaya    Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang sudah dikenal masyarakat luas sejak lama. Kerajinan gerabah bumi jaya bukan hanya menjadi ikon dari Kabupaten Serang namun juga Provinsi Banten. Gerabah bumi jaya terkenal dengan keindahan dan kekuatannya karena dibuat dari tanah lempung yang memiliki kualitas baik, serta motif lama/klasik yang menurut berbagai sumber telah ada di era Kesultanan Banten.      

Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang melakukan sejumlah upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan Gerabah Bumi Jaya ke tingkat nasional bahkan internasional. Salah satunya bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II untuk pemasangan  Display Promosi Gerabah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Peresmian Display Promosi Gerabah Bumi Jaya asal Desa Bumijaya, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang pada Hari Selasa, Tanggal 10 Desember 2019 oleh Sekretaris Daerah  Kabupaten Serang, H. TB Entus Mahmud Sahiri, didampingi Kepala Dinas KOPERINDAG         H. Abdul Wahid, SH, M.SI, Kepala Bappeda Kabupaten Serang DR. Rahmat Maulana, Deputi Airport Service Fasility      PT Angkasa Pura II Hufron Kurniadi, dan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten Eneng Nurcahyati dan jajaran. Bertempat di terminal 2 F Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Dalam sambutannya ketika meresmikan Display Promosi Gerabah Bumi Jaya, Sekda Kabupaten Serang mengaku bangga dengan dipamerkannya hasil produksi gerabah Bumijaya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ia mengatakan gerabah Bumijaya sudah dikenal dan masuk sampai mancanegara, di antaranya ke Korea dan Eropa dengan sekali ekspor sebanyak satu kontainer. Namun demikian pemasarannya tidak langsung melalui Bumijaya, tetapi dari Bali.  “Jadi dibanding tanah dikirim ke Bali, toh pengrajin ada di kita, lebih baik kita langsung yang memasarkannya,” kata Entus.

Deputi Airport Service Fasility PT Angkasa Pura II Hufron Kurniadi mengatakan, event-event pameran merupakan bagian dari promosi sehingga bisa menjadikan wisatawan tertarik dengan gerabah Bumijaya. “Apalagi dengan ikon-ikon cukup unik ini seperti gerabah Bumijaya menjadi bagian dari promosi,” ujarnya.

Senada dengan Sekda Kabupaten Serang, Kepala Dinas KOPERINDAG     H. Abdul Wahid, SH, M.Si mengaku bangga dengan terwujudnya Display Promosi Gerabah Bumi Jaya di Terminal 2 F. Karena untuk bisa sampai ke tahap ini bukan hal yang mudah. “Kami harus menyakinkan bahwa apa yang ditampilkan memang layak. Gerabah Bumi Jaya mempertahankan nilai-nilai klasik tradisional. Motifnya didesain modern tanpa mengubah kearifan lokal sejak zaman Kesultanan Banten abad ke 15,” katanya.

Lebih lanjut Abdul Wahid menegaskan upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan Gerabah Bumi Jaya tidak akan berhenti sampai disini. Sejumlah langkah sudah dipersiapkan antara lain dengan MOU dengan ITB yang kegiatannya akan dimulai pada tahun 2020.

Komentar: 0 Bagikan: Share on Google+ Cetak: Kategori: Berita Daerah

PELATIHAN JURU BUKU DAN BENDAHARA KSP/USP KOPERASI

Serang, 9 September 2020 Sebanyak 30 (Tiga Puluh) Juru Buku dan Bendahara Koper

SEBANYAK 30 KEPALA CABANG/MANAGER KOPERASI DI SERTIFIKASI

Serang, 8 Juli 2020 Sebanyak 30 Kepala Cabang dan Manager Koperasi di Kabupaten

SEBANYAK 40 IKM ANYAMAN BAMBU IKUTI PELATIHAN PENGANEKARAGAMAN PRODUK ANYAMAN BAMBU

Serang, 2 September 2020 Sebanyak 40  pelaku Industri Kecil Menengah (IKM)


Tinggalkan Komentar


Layanan Informasi

Buku Tamu

Poling

Tidak ada poling untuk saat ini.

Statistik Pengunjung

  • 155991 Total Pengunjung
  • 24601 Unique Visitors
  • 126 Jumlah konten
  • 34.234.223.229 IP Anda
  • 02:19, 22/10/2020 Mengakses Sejak